Senin, 24 Agustus 2015

SMAKBO - SMK-SMAK BOGOR

Oke selamat pagi siang sore malam semuanya???? gw mau sedikit share tentang sekolah nih. sekolah yg sangat gw banggakan. inilah dia SMK-SMAK BOGOR atau dulu bernama SAK, SAKMA, dan SMAKBO. sekolah gw adalah sekolah dibawah Kementrian Perindustrian RI. masa pembelajaran di SMAKBO adalah 4 tahun, dengan keterangan 3 tahun masa belajar dan 1 tahun kerja industri. menjadi siswa SMAKBO adalah sebuah kebanggaan. gw merasa jadi orang pilihan karena bisa masuk SMAKBO. bayangkan, dari angkatan gw ada sekitar 1000 lebih siswa yg mendaftar. tapi pihak sekolah hanya menerima 300 siswa.. jujur sangat ketat seleksi tes buat masuk SMAKBO.


dulu gw masuk SMAKBO lewat jalur prestasi atau jalur rapor.. gw takut kalo nilai UN SMP gw jelek, So gw ambil jalan pintas lewat jalur rapor. lewat jalur rapor itu gampang. kita cuma perlu nunjukkin nilai di semester 1, 2, 3, 4, & 5 saat SMP. nilai minimum untuk jalur rapor adalah 5 digit angka diatas KKM. untung nilai rapor gw waktu itu lumayan. whahahahaha :-) *ketawa sinis


oiya, banyak orang yg bilang kalo masuk SMAKBO itu ga enak, karena masa belajarnya yg panjang. well, sedikit gw luruskan tentang rumor itu. (jreng jreng jreng!!)
smakbo itu menurut gw adalah sekolah yg paling banyak berperan mengubah hidup gw. kenangan saat awal masuk SMAKBO itu gapernah bisa terlupakan. kita akan menghadapi sebuah pertempuran.. *what????!! pertempuran???

ya.. pertempuran pertama di SMAKBO dinamakan MOPDB/MOS. sebenernya MOS di SMAKBO itu ga menakutkan kok. bahkan terkesan seru.. nggak bisa dilupain. jadi buat para calon siswa baru, don't panic yah???? menurut gw, satu-satunya hal yg mengerikan di MOS SMAKBO adalah KEBOTAKAN!!! *ulang     K-E-B-O-T-A-K-A-N

demi tuhan, gw ga nyaman banget ama potongan rambut gw saat MOS. potongan rambut saat MOS SMAKBO dinamakan style rambut tiang lampu jalan. coba bayangkan, tampang gw yg manis ini harus merelakan rambutnya dipotong sependek 1/2 centimeter. bayangkan betapa licinnya kepala gw waktu itu. bahkan ada sebuah peristiwa dimana seekor lalat dengan sukses terpeleset saat menempel di kepala gw.

oke kembali ke MOS. MOS SMAKBO itu spesial.. disana sifat, sikap dan perilaku kita bakal dibiasakan
menjadi seorang analis kimia sejati. saat MOS, yang pertama kalian lakukan adalah latihan menyanyi Hymne Analis. saat menyanyi nanti pasti akan dibagi 4 suara yaitu Bass, Alto, Sopran, Tenor. dulu pas gw MOS, kebetulan gw masuk suara Alto. jadi dulu gw nyanyi dengan nada yg harus bulet sebulet-buletnya. agak risih sih sebenernya, karena suara gw kan cempreng serak-serak banjir *haha. kalian dilatih menyanyikan Hymne Analis ini adalah untuk persiapan kalian menghadapi event pertama di angkatan kalian. event pertama kalian adalah menjadi salah satu unsur pendukung di Wisuda angkatan yg udah lulus. kalian bakal diseleksi buat masuk tim padus 125. padus 125 adalah tim paduan suara yang akan menyanyikan Hymne Analis buat para wisudawan dan wisudawati dan ngeliat mereka yang udah lulus.. woww sedih banget, bayangin aja 4 tahun sama-sama. sekarang bayangkan, kalo paduan suara hanya menerima 125 siswa, maka akan kemana sisa angkatan kalian yang masih banyak?? Nah ya sisanya itu harus ikut ke kelompok Teater. Teater juga tampil buat meramaikan wisudanya itu. Pokoknya jadi anak Teater tuh asik deh, tapi kalo dari segi martabat masih tinggian PADUS 125. Nah yang gaikut PADUS 125 dan Teater maka dia harus jadi Cleaning Service (CS) yang tugasnya beres-beres area buat nanti wisuda. CS ini tuh pokoknya yang ga niat sama sekali buat jadi PADUS 125 dan Teater. Duh sedih deh liat yang wisudaan.(buat siapapun yg pengen tau nada & lirik Hymne Analis SMAKBO, mungkin bakal gw tampilin di posting selanjutnya).

satu lagi yg bakal kalian lakukan di MOS SMAKBO adalah mengerjakan LAPSUS. lapsus adalah singkatan dari laporan khusus. laporan khusus ditulis tangan dengan menggunakan kertas folio rangkap dan harus tulisan rapi. isi dari lapsus itu adalah segala sesuatu aktivitas kita di sebuah kegiatan yang kita lakukan yang berkaitan tentang tema lapsus itu sendiri.
 lapsus itu adalah sebuah tugas yang sangat umum banget di SMAKBO. memang awalnya kalian akan merasa ribet karena banyak nulis, tapi kelamaan kalian akan terbiasa kok. bahkan tulisan tangan kalian semakin lama akan semakin bagus. kalian juga akan mengerjakan lapsus secara rutin apabisa kalian sudah masuk laboratorium gravimetri. laboratorium gravimetri adalah laboratorium pertama yang akan kalian pelajari di SMAKBO. **trus gimana cara mengerjakan lapsus di lab gravimetri??** Oke tenang. kalian gak sendiri kok. akan banyak kakak kelas yang dengan baik hati meminjamkan lapsusnya untuk kalian untuk kalian jadikan referensi.

satu lagi yang menarik dari MOS SMAKBO,, yaitu akan ada REMEDIAL MOS yang disediakan oleh panitia MOS bagi calon siswa SMAKBO yang belum tuntas mengerjakan MOPDB/MOS. tapi kalian ga usah khawair.. Remednya asik kok. asiik karena kalian remed secara berjamaah atau banyaak banget yang remed. jadi kalian harus bersikap sopan ke kakak panitia MOS, apalagi ke PJH kalian. harus bener-bener cari muka itu biar sifat kalian dinilai baik dimata panitia MOS. karena MOS SMAKBO itu remednya ga pandang bulu. mau sepintar apapun kalian kalau PJH menilai sikap kalian kurang baik, maka otomatis kalian masuk daftar anak remed MOS.

tapi tenang.... panitia MOS SMAKBO itu baik-baik kok.kalian akan merasakan rasa kekeluargaan dalam angkatan kalian. bahkan rasa kekeluargaan antar-angkatan.. apalagi di hari terakhir MOS. pasti gak akan terlupakan deh momen-momennya.

trus banyak nih kata orang kalo di SMAKBO itu jarang ada liburnya. itu sumpah salah banget. Pas akhir semester I menjelang semester II kalian bakal menghadapi acara yang namanya PORSIP yang acaranya tuh seminggu, tapi sebelum porsip ya kalo dibulatin kalian libur sebulan termasuk PORSIP. PORSIP tuh kompetisi antar angkatan di berbagai bidang seru banget deh pokoknya!Pokoknya dijamin seru parah!
Trus di semester II apalagi banyak banget liburnya kelas 10 dan kelas 11 ada kali 2 minggu - 3 minggu. Pertama tuh ada TOnya kelas 12 sama nanti UN kelas 12, trus ada AMTnya anak kelas 13. Tapi giliran kita jadi mereka???? ya maklumin
Allright sekian postingan yang insyaallah bermanfaat ini. Selanjutnya gw bakal ngepost tentang informasi SMAKBO secara formalitas, trus mungkin upload tugas-tugas yang barang kali bermanfaat buat adek-adek kelas.


well, have a nice day!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Dicky Ananda Saputra. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages